> Manfaat Berorganisasi Manfaat Berorganisasi ~ Perdana House

Monday 25 May 2015

Manfaat Berorganisasi

Dalam artikel kali ini saya bakal bahas mengenai pentingnya berorganisasi. Sebelum kita bahas lebih dalam lagi, saya akan menjabarkan apa yang dimaksud dengan organisasi. Menurut Wikipedia, Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.Organisasi juga terbagi menjadi 3 diantaranya

1. Organisasi Niaga
2. Organisasi Sosial
3. Organisasi Regional dan Internasional
mengenai pengertiannya Lihat disini
Mungkin berjumpa dengan orang lain adalah suatu hal yang sudah pasti kita rasakan setiap hari, bahkan jika kita tidak berjumpa dengan orang kita akan merasakan stres yang cukup ringan, selain itu juga kita sebagai manusia juga membutuhkan bantuan dari orang lain , misalkan kita melakukan pekerjaan yang mungkin tidak bisa dilakukan sendiri tentu kita akan meminta tolong orang.Tetapi dalam artikel ini saya tidak ingin membahas mengenai kehidupan manusia sebagai mahkluk sosial tetapi pentingnya berorganisasi dalam kehidupan bermasyarakat.
Dalam berorganisasi kita akan mendapatkan pelajaran yang mungkin tidak kita dapatkan di bangku sekolah, walaupun dalam bangku perkuliahan terdapat mata kuliah "Perilaku dalam Berorganisasi", itu tidak cukup karena dalam mata pelajaran tersebut sema itu hanya dibungkus dalam sebuah teori, tentunya teori tidak akan efektif tanpa adanya praktik, Bagaimana kita mendapatkan smua itu? tentu saja dengan terjun langsung sebagai pelaku organisasi, entah organisasi kesiswaan, karang taruna, remaja masjid,Kepemudaan dll.
Team work, mempelajari karakter orang lain, berbicara di depan umum, menjadi pemimpin, beberapa hal tersebut akan kita dapatkan dalam berorganisasi, tapi tentu saja jika kita benar-benar aktif dalam organisasi tersebut. Seperti misalnya ketika kita ingin mengadakan sebuah event, disitu tentu kita akan menyusun sebuah rencana agar event yang kita rencanakan sukses terlaksana, didalam menyusun rencana tersebut kita akan mendapatkan pendapat dari orang-orang yang memiilki pemikiran yang berbeda dari kita, disini kita juga dituntut untuk menghilangkan sifat egois kita supaya apa yang menjadi kesepakatan nantinya adalah keputusan yang terbaik yang mengutamakan kesuksesan dalam sebuah event, juga dalam menyusun sebuah event kita akan ditempatkan dalam susunan kepanitiaan, misalkan, kita ditempatkan dalam seksi konsumsi, disini kita juga akan belajar menjadi orang yang bertanggung jawab, Beberapa diatas merupakan sedikit dari manfaat berorganisasi yang mungkin tidak bisa saya jabarkan seluruhnya.
Ibaratkan sebuah pisau yang memiliki dua sisi organisasi juga bisa disalah gunakan untuk hal yang tidak baik, itu semua kembali lagi kepada kita.semoga kita bisa mengambil yang baik dari berorganisasi. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment